Manfaat Tanaman Herbal Dalam Masakan



Manfaat Tanaman Herbal Dalam Masakan [ www.BlogApaAja.com ]

T

anamana herbal bukan hanya bisa dijadikan minuman. Tanaman yang kaya manfaat ini, bisa dijadikan bahan tambahan masakan. Rasanya juga tidak pahit dan bisa menjaga tubuh tetap bugar dengan cara mudah dan murah.

Saat acara Bogor Organic Fair 2 & Festival Herbal Indonesia (9/6), Ning Hermanto selaku anggota AKSI (Asosiasi Kewirausahaan Sosial Indonesia) memberikan informasi mengenai tanaman herbal yang sering dipersepsi keliru oleh masyarakat.

"Tanaman herbal ternyata juga dapat diolah secara inovatif untuk dimasukkan dalam masakan seperti sayur, sop atau mie," tutur Ning Hermanto dalam penyuluhannya.

Saat acara Bogor Organic Fair 2 & Festival Herbal Indonesia, pengunjung juga diperkenalkan berbagai macam herbal yang mudah dijumpai. Bisa dicampurkan dalam semua masakan tanpa mengurangi cita rasa makanaan dan sangat mudah didapatkan.

Jenis tanaman herbal yang banyak dikenal yaitu alang-alang, jeruk kalmanchi, daun kecimpring, jinten putih, ginseng dan daun sambung nyawa. Herbal ini ternyata punya khasiat yang sama besar seperti buah dan sayuran.

Misalnya alang-alang, bisa digunakan sebagai bahan campuran masakan sangat baik untuk kesehatan. Herbal yang satu ini dikenal dapat mengobati demam dan menurunkan kadar kolesterol. Rasanya agak manis dan bisa menciptakan rasa yang gurih jika dicampur dengan bumbu lainnya.

Sama halnya dengan daun sambung nyawa, rasanya manis dan dapat mengobati penyakit jantung dan hipertensi. Kalau jeruk kalamanci diketahui kaya akan vitamin C. Sedangkan jinten putih dan ginseng dapat meningkatkan stamina dan meningkatkan libido.

Daun cincau yang kaya klorofil juga termasuk kedalam tanaman herbal. Jika sering mengkonsumsinya dapat menjaga kesehatan pencernaan dan mengobati demam serta keracunan. Karena manfaatnya yang banyak untuk kesehatan, maka tidak perlu ragu untuk mengkonsumsi tanaman herbal setiap hari.

Follow On Twitter